Langsung ke konten utama

Kesenjangan antara Masyarakat Desa dan Kota


(Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan)

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.


Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.
Dilihat dari menetapnya, masyarakat dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan. Masyarakat perkotaan yang mana kita ketahui itu selalu identik dengan sifat yang individual, matrealistis, penuh kemewahan,di kelilingi gedung-gedung yang menjulang tinggi, perkantoran yang mewah, dan pabrik-pabrik yang besar. Sedangkan masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang pada umum nya masih memegang nilai-nilai cultural kebudayaan dan adat-adat yang leluhur mereka ajarkan.
 Belakangan ini Pembangunan Di negara negara baik Negara maju dan berkembang, Pembangunan di arahkan supaya merata.Namun pada kenyataannya Pembangunan yang di terapkan di negara kita, Indonesia tercinta kurang berhasil. Disamping berbagai prestasi atau kemajuan yang berhasil diraih, terlihat pula sejumlah potret kehidupan yang memperburuk citra pembangunan. Semakin panjangnya barisan kemiskinan, meningkatnya pengangguran, beban hutang luar negeri yang semakin banyak, dan berbagai ketimpangan yang tidak dapat dipisahkan dan dihindarkan dari pembangunan itu sendiri. Manfaat pembangunan lebih dirasakan oleh terutama kelompok masyarakat lapisan atas, sehingga jurang kesenjangan sosial dan ekonomi semakin melebar.
Krisis moneter 1997 turut berperan  Bagi kelangsungan Perekonomian Indonesia,sementara Lonjakan harga terus meninggi dan Kemampuan daya tidak meningkat,Hal ini di karenakan oleh berbagai faktor, Diantaranya Adalah Tingkat daya Beli Masyarakat Desa lebih rendah,Pendidikan yang tidak merata,Pelayanan yang tidak sama antara Desa dan kota misalnya saja Kesehatan.Karena keterbatasan transportasi,sarana dan prasarana Desa lebih rendah daripada kota, serta minimnya pula lapangan pekerjaan di Indonesia, membuat masyarakat desa memilih untuk tinggal dan hidup di desa karena kenyamanananya, walaupun ada banyak sekali orang-orang dari daerah Pergi ke Jakarta tanpa bekal  apapun.
Kondisi Ekonomi Indonesia yang diarahkan Pada Pertumbuhan Memperparah Kesenjangan antara Desa dan kota. semua modal usaha di segala sektor ditanam diperkotaan karena cenderung memiliki pertumbuhan yang cepat.Ekonomi desa tidak mengalami perubahan yang proporsional 
dari arus komoditas primer dari perdesaan. Dalam konteks demikian, wajar apabila terjadi pengurasan sumber daya oleh kota terhadap desa secara sistematis dan kota hanya mengambil keuntungan dari jasa distribusi semata, sehingga seringkali terjadi kebocoran wilayah yang merugikan pertumbuhan ekonomi daerah itu sendiri.
inilah penyebab utama kesenjangan masyarakat Indonesia secara umum di karenakan Faktor Ekonomi, dan Pendidikan. Pola pendidikan memeberikan dampak Positif bagi masyarakat.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PURNAMA JAYA GAS : AGEN BERMACAM GAS INDUSTRI & MEDIS (Oksigen, Astilin, Argon, Nitrogen, Karbon dioksida & LPG) Daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya

PURNAMA JAYA GAS Supplier Aneka Gas Industri dan Medis (Oksigen, Astilin, Argon, Nitrogen, Karbon dioksida dan LPG) daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya. PJG – Supplier bermacam – macam gas industry dan medis dengan berbagai macam ukuran. Gas merupakan salah satu unsur yang sangat penting, selain untuk pernafasan dan medis tentunya gas juga digunakan untuk keperluan Industri seperti di bidang pengelasan. Gas oksigen di Industri biasanya digunakan untuk   pemanasan (heating), pengerasan (hardening), scarfing, pembersihan (cleaning), dehidrasi (dehydrating) , mengelas OAW (Oksigen asetilen welding) atau kita sering menyebutnya untuk pengelasan karbit dan juga digunakan untuk pemotongan pelat atau (Oksigen Asetilen Cutting). Kami melayani untuk daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya. Produk yang kami sediakan meliputi : ·          Tabung Oksigen ( O 2 )                   ·          Tabung Astilin ( C 2 H 2 ) ·          Tabung Argon (Ar) ·          Tabu

Ekologi dan Ilmu lingkungan

 Pengertian Ekologi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan nya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) danlogos (“ilmu”). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 – 1914). Berdasarkan didalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem yang dimana dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu seperti pada faktor abiotik dan biotik.

Rencana Setelah Lulus Kuliah

Assalamualaikum wr. Wb Pada kesempatan kali ini saya mendapatkan tugas dari dosen dengan mata kuliah pkn atau softskill. Tugasnya ialah membuat rencana ataupun cita – cita setelah saya lulus kuliah ataupun menjadi sarjana di bidang industry