Langsung ke konten utama

Menginternasionalkan Kebudayaan Indonesia


(Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan)

Perkembangan kebudayaan Indonesia pada masa kini seperti yang kalian ketahui perkembangannya mengalami pasamg surut kadang ramai di pemberitaan kadang juga sepi dari pemberitaan. Sebenarnya Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita terdahulu. Maka dari itu kita harusnya bangga karena kita bangsa yang berbudaya.Namun belakangan ini kebudayaan Indonesia sedikit menurun dari sosialisasi masyarakat khususnya dari kalangan muda banyak yang tidak mengetahui kebudayaan Indonesia.
             
Semakin maju pesatnya era globalisasi sekarang sehingga rasa cinta terhadap budaya semakin berkurang, dan ini sangat berdampak negatif bagi masyarakat asli Indonesia. Terlalu banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia dan tanpa adanya filterisasi budaya, masyarakat Indonesia kini telah berkembang menjadi masyarakat modern yang akhirnya sedikit demi sedikit melupakan dan bahkan tidak bangga dengan budaya asli negaranya sendiri. dan ketika ada negara lain yang mengklaim budaya kita yang sudah hampir terlupakan, kita seakan sadar dan semakin gencar membudidayakan budaya Indonesia. Yang menyedihkannya lagi, masyarakat asing malah lebih mengenal dan menghargai budaya Indonesia dibandingkan masyarakat Indonesia sendiri.
            Akhir - akhir ini batik gencar dipromosikan ke ranah Internasional, Hasilnya, setelah sebelumnya ada  wayang dan keris, batik pun menjadi budaya asli Indonesia ke tiga yang ditetapkan UNESCO tepatnya pada hari jumat tanggal 02 oktober 2009 sebagai warisan budaya indonesia, dan hari itulah ditetapkannya sebagai hari batik nasional. Kita ketahui bahwa Indonesia memiliki begitu banyaknya ragam seni budaya, jika dari pemerintah dan semua masyarakat mengerti betapa pentingnya menjaga dan melestarikan ragam seni budaya tersebut, maka akan ada banyak lagi budaya kita yang mendunia.  
            Nah, contoh cara untuk menginternasionalkan budaya Indonesia ialah mengikutsertakan kebudayaan Indonesia dalam berbagai festival kebudayaan Dunia, Dengan cara itulah kita  memperkenalkan kebudayaan Indonesia di mata seluruh orang di dunia. Dengan banyak mengikuti festival atau perlombaan maka semakin banyak pula juga mata seluruh dunia bisa melihat bagaimana keunikan dan keragamannya budaya Indonesia. Cara lainnya ialah membangun museum-museum khususnya ditempat-tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Juga promosi budaya lewat dunia bisnis, banyaknya suku dan daerah di Indonesia yang beraneka ragam menghasilkan banyak karya atau hasil budaya yang di lestarikan membuat kita bisa mengimporkannya ke negara-negara lain di dunia agar orang asing bisa mengenalnya, dengan cara membuat suatu tempat yang berisikan beberapa toko ataupun tempat makan khas indonesia di setiap negara di dunia juga dengan menyuguhi berbagai macam tarian daerah setiap minggunya dan juga selalu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia ketika banyak orang asing di sana mulai berdatangan agar bisa bermanfaat untuk tidak hanya bisa mengenal berbagai macam budaya Indonesia tetapi juga menikmati rasanya berada di Indonesia dengan tidak hanya datang ke Indonesia saja tetapi di negeri mereka sendiri juga sudah bisa merasakan berada di indonesia.
Untuk menumbuhkan rasa cinta dari generasi muda sebagai pewaris budaya terhadap budaya Indonesia ialah lewat pendekatan sistem pendidikan, dengan diadakannya ekstrakulikuler mengenai seni budaya di tiap sekolah di Indonesia, dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Dan juga diadakannya seminar-seminar kebudayaan untuk kalangan pelajar. Juga mengenalkan ragam budaya etnik tradisi pada generasi muda lewat akulturasi, yaitu mengkombinasikan seni budaya tradisional ke modern tanpa mengurangi nilai seni budaya tradisi tersebut, contohnya yaitu dengan memasukkan unsur batik pada produk-produk yang digunakan oleh para remaja.

              https://id.wikipedia.org

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PURNAMA JAYA GAS : AGEN BERMACAM GAS INDUSTRI & MEDIS (Oksigen, Astilin, Argon, Nitrogen, Karbon dioksida & LPG) Daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya

PURNAMA JAYA GAS Supplier Aneka Gas Industri dan Medis (Oksigen, Astilin, Argon, Nitrogen, Karbon dioksida dan LPG) daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya. PJG – Supplier bermacam – macam gas industry dan medis dengan berbagai macam ukuran. Gas merupakan salah satu unsur yang sangat penting, selain untuk pernafasan dan medis tentunya gas juga digunakan untuk keperluan Industri seperti di bidang pengelasan. Gas oksigen di Industri biasanya digunakan untuk   pemanasan (heating), pengerasan (hardening), scarfing, pembersihan (cleaning), dehidrasi (dehydrating) , mengelas OAW (Oksigen asetilen welding) atau kita sering menyebutnya untuk pengelasan karbit dan juga digunakan untuk pemotongan pelat atau (Oksigen Asetilen Cutting). Kami melayani untuk daerah Merak, Cilegon, Serang dan Sekitarnya. Produk yang kami sediakan meliputi : ·          Tabung Oksigen ( O 2 )                   ·          Tabung Astilin ( C 2 H 2 ) ·          Tabung Argon (Ar) ·          Tabu

Ekologi dan Ilmu lingkungan

 Pengertian Ekologi Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungan nya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos (“habitat”) danlogos (“ilmu”). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 – 1914). Berdasarkan didalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem yang dimana dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu seperti pada faktor abiotik dan biotik.

Rencana Setelah Lulus Kuliah

Assalamualaikum wr. Wb Pada kesempatan kali ini saya mendapatkan tugas dari dosen dengan mata kuliah pkn atau softskill. Tugasnya ialah membuat rencana ataupun cita – cita setelah saya lulus kuliah ataupun menjadi sarjana di bidang industry